4 Alasan Terbaik Kenapa Anda Harus Ikut Asuransi

Asuransi, saya yakin bukanlah istilah asing bagi Anda, karena sekarang ini memiliki asuransi merupakan sebuah kebutuhan. Namun, tak ada salahnya jika saya uraikan mengenai pengertian dari asuransi itu sendiri.

Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. [Sumber: Wikipedia

Banyak orang yang beranggapan bahwa asuransi itu kurang penting, hanya membuang uang saja karena setiap bulan harus mengeluarkan uang untuk membayar premi. Anggapan yang tidak sepenuhnya keliru, namun alsan tersebut bila dilihat dari satus isi saja, atau memang jika asuransi tak akan digunakan selamanya.
Sumber Gambar: freedigitalphotos.net

Asuransi sifatnya adalah berjaga-jaga, tidak bermaksud untuk mengharapkan celaka sehingga segala sesuatunya ditangung oleh perusahaan asuransi. Tidak ada orang yang menginginkan sakit atau celaka, tidak ada. Oleh karenanya asuransi hanyalah salah satu ikhtiar agar hidup lebih nyaman.

Orang ikut asuransi berbeda alasan, berikut ini 4 alasan penting kenapa orang harus ikut asuransi:

1. Berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Orang hidup tidak tahu apa yang akan terjadi kedepan, banyak hal yang tak terfikirkan sebelumnya namun dapat menimpa tanpa dipersiapkan terlebih dahulu. Kata banyak orang, hidup itu rahasia. 

Tidak ada orang yang ingin jatuh sakit atau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, kecelakaan misalnya. Tapi, apabila hal tersebut terjadi, tentu saja Anda tidak dapat mengelak dari kenyataan. Saat Anda memiliki asuransi yang meng-cover hal-hal tersebut, tentu Anda tak perlu pusing dengan biaya yang harus dikerluarkan untuk berobat, karena biaya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Demikin juga sebaliknya, saat Anda tidak memiliki asuransi, maka Anda akan direpotkan dengan urusan biaya berobat. Kalau ada uang tidak menjadi soal, tapi kalau tidak?, tentu Anda harus rela menjual asset yang Anda punya, itu dengan catatan Anda punya asset, akan sangat rumit seandainya Anda tidak punya uang dan juga tidak punya asset yang dapat digunakan untuk berobat atau membayar biaya rumah sakit.

2. Memberi rasa tenang

Ketenangan dalam hidup menjadi hal yang dicari oleh semua orang, dengan ikut asuransi secara tidak langsung dapat memberikan ketenangan jiwa. Asuransi menjamin perlindungan, baik perlindungan jiwa maupun perlindungan finansial. 

Dengan ikut asuransi Anda bisa merencanakan keuangan. Anda bisa mempersiapkan dana pensiun, dana warisan kalau sampai terjadi hal-hal yang tdidak Anda inginkan. Bagi pemilik asuransi jiwa bila sampai terjadi kematian maka akan ada dana yang bisa dijadikan sebagai warisan kepada keluarga yang ditinggal. Besarannya sesuai dengan yang tercantum dalam plolis asuransi Anda, dengan demikian bisa lebih tenang dalam menjani kehidupan.

3. Investasi

Banyak sekarang ini produk asuransi unit link yang memberikan proteksi sekaligus investasi. Selain mendapatkan perlindungan, Anda juga akan memperoleh tabungan dari premi yang Anda bayarkan setiap bulannya. Jangka waktu bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, dana pension maupun dana pendidian anak-anak Anda bisa direncanakan sejak dini.

Perbedaan yang terlihat dari asuransi unit link dan tabungan di bank adalah terkait dengan nilai perlindungan yang diberikan. Maksudnya adalah, kalau di bank biasanya yang diperoleh hanyalah keamanan uang dan bunga tiap bulan, kalau di asuransi unit link selain uang aman, ada nilai tambah terkait perlindungan terhadap kesehatan dan perlindungan jiwa apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kalau sampai terjadi kecelakaan yang mengajkibatkan cacat atau kematian maka asuransi akan menanggung biaya sesuai dengan yang tercantum dalam polis asuransi tersebut.

4. Perencanaan Keuangan

Ikut asuransi juga bisa digunakan sebagai perencanaan keuangan. Misalnya saja dalam asuransi pendidikan, entah apa istilah yang tepat, tapi asuransi ini bisa digunakan sebagai cara "menabung" untuk merncanakan biaya pendidikan anak. Anda bisa mengambil premi dalam jangka waktu tertentu sehingga nanti saat butuh dana pendidikan sudah siap. 

Bisa juga dalam mempersiapkan dana pensiun. Masa kerja dan masa produktif seseorang tentu ada waktunya, perlu perencanaan keuangan untuk menyikapi hal tersebut. Anda bisa ikut asuransi, selain mendapatkan proteksi atau perlindungan jiwa dan kesehatan, juga akan ada dana untuk persiapan pensiun nantinya.

Itulah empat alasan penting ikut asuransi, masih ada alasan lain yang mungkin bisa Anda jadikan pertimbangan, kaitannya dengan kondisi Anda masing-masing tentunya, Namun perlu diingat bahwa dengan banyaknya produk asuransi sekarang ini perlu ketelitian dalam pemilihannya. Perusahaan asuransi menawarkan banyak keuntungan, sebagai calon nasabah tentu saja Anda bebas menentukan produk asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  Pada umumnya, produk asuransi sendiri terbagi dalam dua jenis, yaitu asuransi konvensional dan syariah, Anda bebas memilih yang sesuai dengan kemantapan hati. Tanya mendetail pada agen pemasaran atau perusahaan asuransi yang menawarkan produknya kepada Anda.

Kondisi keuangan juga perlu dijadikan pertimbangan dalam menentukan besaran premi tiap bulannya. Namun, mengingat pentingnya asuransi maka tak keliru bila Anda mengeluarkan uang lebih tiap bulannya untuk melindungi diri sendiri dan juga anggota keluarga Anda. Selamat berasuransi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Alasan Terbaik Kenapa Anda Harus Ikut Asuransi "