5 Usaha Sampingan Yang Menghasilkan Dan Mudah Dilakukan

Semakin hari kebutuhan semakin banyak, orang cenderung konsumtif, karena memang sekarang ini banyak barang yang menarik dan dipromosikan dengan sedemikian rupa agar dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Untuk memenuhi keinginan yang bersifat konsumtif tersebut, perlu kerja keras dan berfikir ulang agar kebutuhan primer tidak terabaikan.

Bagi pekerja dari golongan menengah kebawah, tentu akan merasa kerepotan jika pengasailan mereka pas-pasan. Oleh karenanya, butuh sebuah solusi untuk mengatasi permasalahn keunangan yang pas-pasan tersebut. Salah satu cara adalah dengan menekuni usaha sampingan yang dapat menghasilkan namun tidak menganggu waktu kerja di pekerjaan utama.
5 Usaha Sampingan Yang Menghasilkan Dan Mudah Dilakukan
Usaha Cuci Sepeda Motor

Berikut ini adalah 5 usaha sampingan yang menghasilkan dan mudah dilakukan:

1. Membuat Blog

Membuat blog dan mengelolalnya dengan baik bisa dijadikan alternatif mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak semua orang berfikir bahwa menjadi seorang blogger bisa dijadikan sebagai usaha sampingan, karena yang tergambar biasanya menjadi blogger hanya fokus pada rutinitas menulis saja. Padahal, saat ini banyak blogger yang fokus pada rutinitas mereka, istilahnya adalah menjadi seorang full time blogger. Penghasilan perbulan lumayan besar, bisa mencapai puluhan juta, bahkan lebih. 

Bebberapa blogger professional yang berpengahasillan besar diantaranya:
  • Ewdison Then, penghsilan Rp600 juta – Rp800 juta/ bulan
  • Matt Marshall. Rp500juta – Rp1 miliar/ bulan
  • Gina Trapani, Rp1,15 miliar/ bulan
  • Collis Ta’eed, Rp550 juta – Rp1,2 miliar/ bulan
  • Jake Dobki, Rp800 juta – Rp1,2 miliar/ bulan
  • Timothy Sykes. Rp1,5 miliar – Rp1,8 miliar/ bulan
  • Vitaly Friedman. Rp1,5 miliar – Rp1,9 miliar/ bulan
  • Mario Lavandeira, Rp2 miliar – Rp4 miliar/ bulan
  • Pete Casmore, Rp4,6 miliar – Rp5 miliar/ bulan
  • Michael Arrington, Rp4 miliar – Rp8 miliar/ bulan

Data tersebut saya ambil dari blog HowMoneyIndonesia.com

Itu hanya gambaran saja, apa yang mereka peroleh tidak instan, ada proses yang membawa mereka mendapatkan penghasilan sebesar itu. Itu hanya sebagai motivasi, kita bisa mengambil pelajaran bahwa aktifitas ngeblog ternyata bisa dijadikan sumber penghasilan. Bukan hanya menghabiskan waktu berlama-lama didepan laptop atau komputer untuk internetan saja, tapi ada sesuatu yang bisa didapatkan. Kita bisa menekuni kegiatan ngeblog, belajar sedikit demi sedikit untuk mendapatkan ilmu dan memulai usaha sampingan dengan internet.

2. Berjualan pulsa

Saat ini kebutuhan orang akan teknologi semakin meningkat, mulai dari anak-anak hingga orang tua tak lepas dari yang namanya ponsel. Ini menjai sebuah peluang yang bisa ditekuni. Kita bisa berjualan dirumah atau ditempat kerja, karena berjualan pulsa tidak harus berdiam diri, dengan bermodal satu kartu seluler bisa untuk berjualan pulsa.

Modal awal untuk berjualan pulsa elektrik juga tidak begitu besar, antara Rp 1 juta sampai Rp 2.5 juta sudah bisa memulai bisnis ini.

Memang secara penghasilan mungkin tak begitu besar, tapi kalau dijual dalam jumlah yang banyak bisa lumayan untuk tambahan penghasilan. Banyak orang yang menjadi kaya dan berpenghasilan banyak dengan berjualan pulsa, seperti apa yang pernah diberitakan di portal Pengusaha Muslim, seorang distributor pulsa bernama Muhammad Nadjib berjualan pulsa dengan omset 3 miliar perbulan!.

Nah, kiranya bisa kita pertimbangkan juga peluang usaha ini. Kalau sudah berkembang, kita bisa membuka counter, dan membayar orang untuk menjaganya. Kita bisa kerja dan juga punya usaha dirumah.

3. Usaha foto kopi

Membuka usaha fotokopi juga cukup menjanjikan, apalagi kalau lokasi usaha berada didekat kantor atau sekolah. Bisa juga ditambah dengan kelengkapan seperti ATK dan sejenisnya. Meski tak seramai dulu, namun keberadaan foto kopi masihlah banyak dibutuhkan.

Untuk memulai usaha ini memang modalnya lumayan besar, dalam contoh analisa usaha foto kopi dan ATK di bisnisusaha.info, modal awal yang diperlukan kurang lebih RP34 juta, dengan asumsi pembelian mesin foto kopi dan kelengkapan usaha lain seperti rak jualan, etalase, komputer, dan kelengkapan lainnya.

4. Cucian motor

Hampir setiap rumah memiliki sepeda motor, bahkan lebih dari satu unit. Biasanya orang malas untuk mencucinya, Karena dengan banyak alasan. Ini merupakan peluang, karena dengan modal yang tak banyak kita bisa membuka usaha pencucian sepeda motor.

Menurut modalusaha.net, modal usaha yang diperlukan hanyalah Rp7 juta, rinciannya adalah Rp2 juta untuk pembuatan tempat, dan Rp5 juta untuk peralatan. Asumsinya usaha tersebut dikerjakan sendiri dan tempat adalah milik sendiri. Akan tetapi, bila dikerjakan oleh karyawan, maka modal bisa mencapai Rp10 juta, dengan asumsi tambahan Rp3 juta dipergunakan untuk gaji karyawan dan biaya operasional.

5. Laundry

Orang banyak yang sibuk, tak banyak waktu untuk menyelasikan pekerjaan rumah. Mencuci baju dan setrika menjadi sesuatu yang melelahkan, orang cenderung malas mengerjakannya bila sudah lelah. Oleh karenanya banyak yang berfikir praktis dengan membawa pakaian mereka ke jasa pencucian pakaian.

Nah, ini adalah peluang, kita bisa membuka usaha ini di rumah, ya, membuka usaha laundry. Kita tetap bisa menjalankannya meski sedang bekerja, karena bisa membayar orang untuk mengurusi, kita bisa kontrol tiap berangkat dan pulang kerja. Atau, kalau ada keluarga dirumah, kita bisa memberdayakan untuk ikut mengurus usaha laundry kita.

Untuk memulai usaha laundry, menurut peluangusahaok.com, modal yang dibutuhkan mulai Rp5 jutaan. Semakin besar modal semakin baik, karena lebih membuat leluasa dalam mengatur kecukupan kebutuhan dalam usaha laundry ini.

Namun perlu diingat bahwa contoh diatas hanyalah sebuah gambaran saja, masih banyak usaha sampingan lain yang bisa dikerjakan. Yang terpenting adalah apa yang kita lakukan jangan sampai menggaunggu pekerjaan utama kita, karena status kita tetaplah pekerja, ada tanggung jawab yang harus kita emban. 

Selain dijadikan sebagai usaha sampikan, peluang usaha diatas juga bisa dijadikan ide memulai usaha, mengingat saat ini tidak mudah untuk mencari pekerjaan. Usaha sampingan hanyalah sebuah usaha untuk menambah penghasilan saja, kalau dirasa sudah menghasilkan, bisa saja kita recent dari tempat kerja kita dan serius mennggeluti usaha sampingan tersebut dan menjadikannya sebagai usaha utama kita. Mengelola menjadi bisnis yang lebih besar. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "5 Usaha Sampingan Yang Menghasilkan Dan Mudah Dilakukan"