Apa Saja Aturan Baku dalam Tips Memilih Pakaian Kantor?

Memperhatikan tips memilih pakaian kantor bagi perempuan karir tentunya sangat penting sebab penampilan sangatlah berharga. Lewat penampilan suasana kerja menjadi lebih bersemangat sehingga perlu dipikirkan sebelum siap berangkat kerja. Busana ke kantor yang wajib formal tentu membutuhkan persiapan dan pemilihan yang lebih selektif. Meskipun ada beberapa jenis atau bidang pekerjaan yang tidak menuntut untuk memakai busana yang terlalu formal. 
Apa Saja Aturan Baku dalam Tips Memilih Pakaian Kantor?
Memilih Pakaian Kantor / img: freedigitalphotos.net
Ada beberapa aturan yang perlu dipahami supaya pilihan busana untuk ke kantor memang sesuai, aturan yang dimaksud melingkupi:

1. Pemilihan warna yang ideal,

Datang ke kantor dengan busana formal namun warnanya sangat kuat atau terlalu terang sudah tentu membuat pelakunya menjadi pusat perhatian. Kabar buruknya penyebab menjadi perhatian rekan sekantor bukan karena hal yang positif. Pilihan warna yang cukup aman dan nyaman dikenakan saat bekerja adalah warna-warna yang mudah diterima indra penglihatan. Misal warna biru, merah maroon, abu-abu, hitam, putih, dan warna netral lainnya. 

2. Pemilihan model yang lebih simpel,

Beberapa pekerja kantoran khususnya kaum perempuan, merasa lebih nyaman dan cantik tatkala memakai busana yang modelnya ribet. Padahal untuk kebutuhan baju kerja akan jauh lebih mendukung jika modelnya sederhana atau simpel saja. Misal potongan yang tegas seperti pada kemeja, tunik, blazer, maupun penambahan jas yang warnanya senada. Model atau potongan baju kerja yang lebih sederhana tanpa disadari akan membantu menyelesaikan kewajibannya di kantor, maka akan lebih menguntungkan. 

3. Perpaduan yang sempurna dan formal,

Berbicara mengenai tips memilih pakaian kantor tidak melulu mewajibkan atau menyarankan para karyawan memakai busana polos. Kain atau busana bermotif juga sah saja dipakai bahkan untuk motif tertentu yang terkesan berani. Namun mesti dipadukan secara seimbang, misal untuk atasan bermotif padukan dengan bawahan yang polos. Demikian juga sebaliknya, jika memiliki bawahan bermotif baik celana maupun rok, bisa nampak manis dengan atasan yang polos. Keseimbangan dalam berbusana membuat satu item ramai bisa dinetralkan dengan item lain yang lebih lembut. 

4. Pilih sepatu yang nyaman namun tetap formal,

Sepatu menjadi bagian penting dalam menjaga gaya berbusana tetap formal saat ke kantor, terutama untuk kaum perempuan. Mengingat ada lebih banyak model sepatu yang bisa dikenakan namun tidak semuanya cocok untuk ke kantor. Misal sepatu kets, sepatu boot dengan banyak tali, dan sepatu model tertentu yang kesannya berlebihan. Satu hal yang perlu diingat ke kantor untuk bekerja, terlihat cantik dengan busana yang dikenakan hanya nilai tambah namun intinya tanggung jawabnya tidak terbengkalai hanya karena sepatu yang salah. 

5. Sempurnakan dengan riasan yang tepat,

Baju yang digunakan sudah bagus, cocok dan mendukung aktivitas kantor yang padat merayap dan menyita energi. Namun jika memaksakan diri mengenakan riasan yang terlalu tebal sudah tentu kesan menawan di kantor akan berguguran. Maka untuk memastikan bahwa penampilan mulai dari cara berpakaian hingga riasan yang diulaskan. Sempurnakan dengan riasan yang sederhana, jangan terlalu menor sebab ke kantor tentu bukan untuk syuting film atau main lenong. 

Mengikuti kata hati memang tidak pernah salah termasuk untuk keperluan berbusana dan semua yang berkaitan dengan penampilan fisik. Namun akan lebih bijak dan terlihat dewasa jika memahami konsep berbusana yang sesuai dengan suasana tempat yang dituju. Hendak ke kantor akan lebih aman dan nyaman dengan baju yang formal dan dipadukan dengan sangat manis. Maka selalu perhatikan tips memilih pakaian kantor untuk menikmati jam kerja lebih menyenangkan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Saja Aturan Baku dalam Tips Memilih Pakaian Kantor?"