7 Makanan yang Dianjurkan Ketika Flu Menyerang

Gejala flu memang harus diwaspadai lantaran penularannya dilakukan melalui virus. Virus yang menyebabkan flu ini akan melakukan mutasi, sehingga sedikit merubah struktur DNA pada tubuh kita. Tubuh dengan kondisi seperti ini mustahil mengembangkan sel sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu penting sekali minum obat flu paling ampuh untuk mengembalikan struktur sel yang berubah.
Ilustrasi. Image by Анастасия Гепп from Pixabay.com
Makanan yang Dianjurkan Ketika Flu      
       
Ketika Anda terkena flu, tubuh Anda akan meresponnya dengan membentuk antibodi atau sistem kekebalan tubuh. Fungsinya untuk melawan partikel virus yang menyerang tubuh Anda.

Memang tubuh Anda kebal terhadap virus tertentu, namun tetap saja antibodi akan berusaha melawan virus flu yang telah bermutasi tersebut. Antibodi bisa terbentuk dari makanan sehat yang Anda makan. Maka dari itu Anda dianjurkan mengonsumsi makanan-makanan di bawah ini untuk mengusir virus flu pada tubuh Anda.

1. Sayur Sop

Pengobatan flu dengan sayur sop merupakan cara klasik. Meskipun demikian, sayur sop memang manjur dalam mengusir virus flu di dalam tubuh. Kuah sop yang panas akan memberikan efek lega pada saluran pernafasan Anda.

Selain itu, kaldu ayam yang mengandung efek anti-inflamasi dapat membantu menurunkan pembengkakan pada hidung dan tenggorokan. Sayuran-sayuran yang menjadi bahan utama sayur sop juga membantu pemulihan tubuh Anda. Karena sayuran tersebut mengandung antioksidan dan fitokimia.

2. Bawang Putih

Penggemar bawang akan senang memakannya kalau ternyata bisa membantu memulihkan tubuh yang terserang flu. Kandungan antioksidan yang tinggi pada bawang putih mampu membentuk antibodi yang kuat dalam tubuh Anda. Selain itu, bawang putih juga mampu menghancurkan mikroba serta membantu menghilangkan rasa sakit pada hidung Anda.

Bagi mereka yang tidak menyukai bau bawang tidak perlu memaksakan memakannya. Masih ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan, yakni dengan minum obat flu paling ampuh. Obat akan membantu tubuh Anda membentuk antioksidan untuk menyerang virus dan gejala flu.

3. Jus Sayur

Ketika Anda terserang flu, biasanya nafsu makan pun berkurang. Antisipasinya agar Anda tetap bisa makan adalah membuat jus sayur. Jus sayur ini membantu Anda agar tetap terhidrasi. Sayur-sayuran yang digunakan tentunya harus sayur segar. Jus sayur berbeda dengan jus buah karena kandungan gulanya lebih rendah. Selain mudah dicerna, kandungan antioksidan dari sayuran membantu melawan virus flu yang telah bermutasi.

4. Ayam atau Kalkun

Salah satu sumber protein yang baik dan menyehatkan adalah unggas. Asupan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi memang sangat dibutuhkan ketika Anda terserang flu. Apalagi saat tubuh Anda sedang dalam kondisi lemah, memakan ayam atau kalkun adalah pilihan terbaik. Kandungan protein ini membantu Anda mempercepat pemulihan.

5. Pisang

Saat tubuh Anda mulai terlihat pulih, biasakan mengonsumsi pisang terlebih dahulu sebelum makanan padat lainnya masuk ke dalam lambung. Kandungan kalium dalam pisang  membantu Anda meringankan gejala flu, nyeri otot, dan kram. Ini wajib dilakukan agar perut bisa melakukan penyesuaian. Karena saat flu Anda cenderung memakan makanan yang mudah dicerna.

6. Rempah-rempah

Indonesia kaya akan rempah-rempah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Artinya rempah-rempah tersebut dapat membantu membentuk antibodi pada tubuh Anda. Diantaranya seperti jahe, ketumbar, kunyit, cengkeh, kayu manis, dan lain sebagainya. Sertakan salah satu rempah-rempah tersebut dalam makanan atau minuman Anda saat flu. Misalnya menambahkan kayu manis saat sarapan pada oatmeal Anda.

7. Makanan Pedas

Dianjurkan memakan makanan pedas saat flu memang sedikit mengagetkan. Makanan pedas yang dimaksud adalah bahan dapur, yaitu cabe rawit. Cabe rawit dapat mengurangi keluhan hidung mampet saat Anda sedang terserang flu. Tambahkan beberapa cabe rawit pada makanan Anda. Namun jangan terlalu berlebihan agar tidak muncul gejala penyakit lainnya.

Itulah tujuh makanan yang dianjurkan untuk Anda yang sedang terserang flu. Apabila makanan-makanan di atas belum bisa mengatasi keluhan dan gejala flu, bisa dibantu dengan minum obat flu paling ampuh. Akan tetapi kalau anak Anda yang terkena flu, Anda bisa memberinya obat pilek untuk anak. Karena tidak jarang anak-anak terserang flu dan pilek secara bersamaan. Hal tersebut disebabkan sistem kekebalan tubuhnya yang belum terlalu mumpuni melawan virus dan bakteri.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Makanan yang Dianjurkan Ketika Flu Menyerang"