Apa Itu Pembekuan dalam Sel Telur?

Infertilitas atau istilah yang lebih dikenal pada masyarakat adalah kemandulan. Kekhawatiran yang sering muncul bagi banyak orang karena berkaitan dengan mampu tidaknya seseorang untuk mendapat keturunan langsung secara biologis. Terlebih bagi seorang wanita, infertilitas akan menjadi momok yang menakutkan. Karena salah satu kodrat wanita adalah dapat hamil, memberikan keturunan.

Saat ini ada banyak metode yang dapat dilakukan oleh perempuan yang mengalami infertilitas salah satunya adalah pembekuan sel telur. Secara sederhana, pembekuan sel telur adalah mengambil sel telur dari ovarium wanita. Selanjutnya sel telur akan dibekukan dan dimaksudkan untuk digunakan di kemudian hari. 
Kenali terlebih dahulu tentang pembekuan sel telur: 

1. Dibutuhkan ahli spesialis 

Dewasa ini masalah mengenai kemandulan harus dilakukan secara medis dan berstandar. Dalam melakukan diagnosis infertilitas perempuan, hendaknya dilakukan oleh ahli profesional agar hasil yang didapat akurat. Keakuratan hasil akan mempengaruhi keputusan atau tindakan yang akan dilakukan selanjutnya. 

2. Bukan menjadi  pilihan pertama 

Pembekuan sel sebenarnya dikhusukan sebagai langkah antisipasi apabila perempuan mendapat atau mengalami kegaja kesehatan yang mempengaruhi kesuburannya. Diagnosis infertilisasi pada wanita secara dini menjadi acuan pasangan menikah untuk melakukan pembekuan sel telur tersebut. 

3. Sudah banyak diatur kementrian kesehatan 

Pembekuan sel telur akan menurut dan merujuk pada hasil keamanandari diagnosis infertilisasi pada perempuan oleh dokter kandungan atau dokter spesialis. Biasanya akan dilakukan serangkaian tes kesuburan dengan berbagai metode. Bahkan untuk beberapa kasus, perlu dilakukan pemindaianorgan reproduksi. Seperti pada kasus kanker ovarium. 

4. Kondisi sel telur harus yang sehat 

Sel telur yang dapat diambil haruslah sel telur yang masih fresh dan pada masa paling optimal. Pada beberapa kasus pembekuan sel tidak dapat dilakukan karena sel yang sudah rusak. Seperti pada kasus kanker ovarium, apabila pendeteksian sudah terlambat, biasanya juga akan mempengaruhi kualitas sel telur. Atau bahkan sel telur yang diprosuksi rusak. 

5. Banyak dilakukan di negara liberal 

Pembekuan sel sudah menjadi hal yang biasa di berbagai negara liberal di barat. Sedangkan di indonesia, metode ini masih jarang. Bahkan di amerika terdapat bank sel telur yang khusus digunakan dalam penyimpanan sel telur dari berbagai ras manusia. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Itu Pembekuan dalam Sel Telur?"